Halaman

kolom diskusi

Rabu, 02 Oktober 2019

PILAR MEDIA MASSA

Bogor (02/10), Pilar media massa merupakan penunjang keberlangsungan sebuah media yang ingin exist di dunia pewartaan. Hal itu terungkap pada kegiatan "Workshop Optimalisasi Kehumasan" yang disampaikan oleh Pimpinan Redaksi Republika, Irfan Junaedi, Rabu 2 Oktober 2019 di IPB Internatiol Convention Center, Bogor. Workshop ini difasilitasi oleh SUb Bagian Humas Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian.

Tiga pilar utama organisasi media massa adalah Redaksi, Marketing dan Support. Ketiga pilar tersebut saling mendukung dan menguatkan dalam membangun integritas dan mengembangkan media. Pemberitaan merupakan kerja dari ketiga pilar tersebut.

Pemberitaan harus dikemas dengan cantik agar dapat menarik mambaca. sehingga perlu ada pertimbangan yaitu nilai beritanya, unsur kemaslahatan, natiopnal interest dan stake holder. Pertimbangan tersebut akan membangun citra suatu peristiwa dan berdampak pada respon pembacanya.

Peran jurnalis dalam mencari dan mengolah berita perlu berpegang pada nilai atau kode etik. Nilai tersebut adalah terkait dengan kebenaran dalam memberitakan, asas keadilan yang meng -cover kedua sisi atas peristiwa yang terjadi, kemerdekaan dalam menuliskan pendapat, akuntabilitas terhadap karya nya dan berdasarkan kemanusiaan. Artinya jurnalis itu harus berani mengungkap fakta dari semua sisi yang tulisannya merdeka dari kepentingan tertentu namun perlu mempertimbangkan rasa kemanusiaan.

Bagi jurnalistik asal pegawai negeri untuk berpendapat dan menuliskan pendapat harus tetap memberikan pencerahan kepada masyarakat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

test..test..